5 Manfaat Berkuliah S3 Ilmu Komputer, Ada Banyak!

 

Bagi Anda yang telah menempuh pendidikan S1 dan S2 di bidang ilmu komputer, melanjutkan studi ke jenjang S3 dapat menjadi pilihan tepat. Kuliah S3 Ilmu Komputer memberikan materi yang lebih dalam jika dibandingkan dengan kuliah S1 dan S2. Dengan ilmu tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat untuk diri sendiri maupun masyarakat. Apa saja?

Ajang mengasah kemampuan analisis

Program doktor Ilmu Komputer mengedepankan research and development untuk mengasah kemampuan analisis mahasiswa. Karenanya, program kuliah pun dirancang sedemikian rupa agar bisa mendorong mahasiswa dalam melakukan riset di bidang ilmu komputer. Mahasiswa akan didorong untuk bekerja sama dengan para anggota fakultas dalam mengembangkan riset yang sesuai minat dan sejalan dengan kondisi terkini industri.

Untuk mendukung hal tersebut, idealnya program studi S3 akan menyelenggarakan kegiatan pengajaran berkualitas tinggi, dengan indikator-indikator yang sejalan dengan prinsip ilmu komputer dan sistem informasi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa hasil riset mahasiswa juga akan diterbitkan di media publikasi internasional.

Spesialisasi ilmu yang lebih spesifik

Jika dibandingkan dengan kuliah S1 dan S2, studi S3 Ilmu Komputer memberikan ilmu yang lebih spesifik karena sejak awal memang mengedepankan riset melalui pembuatan disertasi. Ada beberapa mata kuliah yang wajib diambil mahasiswa untuk mendukung proses riset tersebut, seperti Research Methodology, Dissertation Proposals, dan Research Colloquium (Seminar). 

Di samping itu, mahasiswa juga akan mendapatkan mata kuliah lain yang materinya telah disesuaikan dengan perkembangan kondisi industri dan teknologi. Beberapa di antaranya seperti Recent Trends in Information System, Streams: Computer Science, dan Advanced Soft Computing. Dengan begitu, materi kuliah yang Anda dapatkan tidak hanya spesifik, tapi juga relevan dan bisa diterapkan di dunia kerja profesional.

Kesempatan menghasilkan inovasi bagi masyarakat

Mendalami ilmu komputer tentu tidak bisa lepas dari teknologi. Pemanfaatan teknologi inilah yang akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menciptakan inovasi bermanfaat bagi masyarakat. Lagi-lagi, hal ini bisa Anda hasilkan melalui proses riset yang mendalam. Idealnya, riset berangkat dari keresahan atau masalah yang ditemukan di lingkungan sekitar. 

Berbekal ilmu dan kemampuan analisis, Anda dapat melakukan riset untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan sistem informasi. Hasil dari riset tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup banyak orang. Secara tidak langsung, Anda pun telah berkontribusi positif terhadap kehidupan masyarakat.

Membuka kesempatan karier yang lebih luas

Peningkatan kemampuan riset memang menjadi salah satu kompetensi yang akan Anda kuasai setelah kuliah S3 Ilmu Komputer. Tapi tak hanya itu, program studi ini juga meningkatkan kemampuan adaptasi Anda terhadap disiplin ilmu komputer dan sistem informasi melalui berbagai riset terapan. 

Tak kalah penting, Anda pun akan lebih mampu menguraikan berbagai teori untuk menciptakan kerangka kerja inovatif yang tidak hanya sejalan dengan prinsip ilmu komputer, tapi juga memberdayakan masyarakat.

Dengan seluruh kemampuan tersebut, Anda dapat membuka peluang karier secara lebih luas. Jika Anda passionate di bidang riset, profesi sebagai dosen atau professional researcher sangat menjanjikan untuk ditekuni. Sedangkan bagi yang ingin terjun ke dunia bisnis, Anda bisa berkarier sebagai konsultan IT atau IT team leader di berbagai perusahaan besar. 

Peluang memperluas jejaring bisnis

Selama menempuh gelar doktor di bidang Ilmu Komputer, Anda akan bertemu dengan banyak mahasiswa lain dari berbagai background. Gunakan kesempatan ini untuk memperluas koneksi. Berawal dari obrolan atau diskusi, Anda bisa mengajak sesama mahasiswa untuk menjadi co-researcher atau menjalin kerja sama bisnis.

Di luar urusan bisnis, berkenalan dengan teman baru juga dapat memperluas sudut pandang Anda terhadap berbagai hal. Anda bisa saling sharing pengalaman dan tantangan yang dihadapi selama menggeluti bidang ilmu komputer dan sistem informasi. Bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan solusi dari hasil diskusi dengan koneksi baru Anda tersebut.

Tak perlu ragu lagi untuk melanjutkan kuliah S3 Ilmu Komputer. Program studi ini tidak hanya memberikan spesialisasi ilmu yang lebih spesifik, tapi juga akan mengasah kemampuan analisis, membuka kesempatan untuk berinovasi, membuka lebih banyak peluang karier, hingga memperluas jejaring bisnis.

Namun, pilihlah universitas yang mengedepankan riset dan inovasi menggunakan teknologi, seperti program Doctor of Computer Science di BINUS Graduate Program. Selain itu, kurikulumnya juga telah disesuaikan dengan perkembangan industri terkini tanpa mengabaikan prinsip ilmu komputer dan sistem informasi. Untuk informasi pendaftaran dan lainnya, klik di sini.