Kisah Inspiratif Kuliah S3 Alumni BINUS, Siti Cholifah

Di era yang semakin maju seperti sekarang, banyak hal yang awalnya tidak mungkin menjadi sangat mungkin untuk dijalani. Salah satu contohnya adalah menjalani kuliah sambil mengurus keluarga seperti yang dilakukan oleh Siti Cholifah. Ingin tahu seperti apa perjuangan alumni BINUS University ini dalam membagi waktu dan menyelesaikan beberapa hal secara sekaligus? Simak penjelasannya pada artikel berikut!

Sekilas tentang Siti Cholifah

Siti Cholifah adalah seorang ibu anak satu yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah S3 di BINUS University mengambil jurusan Doctor of Computer Science dengan peminatan Sistem Informasi. Perempuan kelahiran Banjarmasin yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Kalimantan Selatan tersebut terbukti memiliki mental tangguh, dilihat dari kesanggupannya menjalani studi lanjutan, mengurus rumah tangga, sekaligus menjadi dosen dalam waktu bersamaan.

Kehebatan Siti Cholifah ini kemudian menurun ke putri semata wayangnya yang bernama Ela. Kini putrinya itu sudah berhasil menuntaskan studi S1 di HAN University of Applied Science, Belanda dan sedang menempuh S2 di Universitas Airlangga, Surabaya. Semangat Ela melanjutkan studi tentunya dipicu oleh ibu kandungnya, Siti Cholifah, yang menyukai tantangan dalam bentuk apa pun. Ia mengatakan bahwa ibunya sangat menginspirasi di segala bidang, tak terkecuali akademik.

Kesulitan Mencari Program S3 sesuai Background

Dijumpai dalam acara Wisuda 67 di BINUS University, Siti Cholifah menuturkan bahwa dirinya mengambil S3 di BINUS Graduate Program ini dipicu oleh beberapa hal. Pertama, ia kesulitan menemukan gelar doktor di bidang Ilmu Komputer. Kemudian, ia mulai mencari-cari peluang perkuliahan S3 Ilmu Komputer yang tersedia di Indonesia. Hasil pencarian beliau lalu mengarah pada BINUS University sebagai universitas terbaik di bidang ini.

Siti Cholifah juga mengatakan bahwa dirinya menjadi satu-satunya diantara teman-temannya diĀ  Kalimantan yang mengambil kuliah S3 di BINUS University. Ini tentunya memberikan tantangan tersendiri di luar bidang Ilmu Komputer yang ia tekuni. Namun, karena ketekunan dan kegigihannya, ia lalu berhasil masuk dan menuntaskan perkuliahannya di BINUS hingga memperoleh gelar Doctor of Computer Science.

Tetap Semangat di Tengah Tantangan

Seperti dikatakan di awal, Siti Cholifah memang seseorang yang mencintai tantangan dalam bentuk apa pun. Inilah yang menjadikannya tetap bersemangat meski harus menempuh perkuliahan sembari mengurus rumah tangga dan menjalankan tugasnya sebagai PNS di LLDIKTI Wilayah 11.. Belum lagi, ia juga harus menjaga hubungan dengan anaknya yang saat itu masih menempuh studi di Belanda.

Siti Cholifah kemudian membocorkan caranya membagi waktu. Awalnya, ibu anak satu ini bolak-balik Banjarmasin-Jakarta hingga akhirnya memutuskan untuk indekos. Karena masih harus menjalankan tugasnya sebagai pekerja, ia tetap harus menempuh perjalanan setiap dua minggu sekali. Lalu, malamnya ia akan meluangkan waktu untuk video call dengan buah hatinya yang ada di HAN University.

Keluarga Jadi Support System Utama

Meski manajemen waktu menjadi skill yang dibutuhkan oleh Siti Cholifah, ia mengaku tetap menjalani semuanya dengan penuh semangat. Sebagai orang yang senang dengan tantangan, kuliah sambil kerja dan mengurus rumah tangga itu sebenarnya bisa dijalani dengan asyik. Namun, pastinya itu juga harus melibatkan support dari orang tercinta.

Siti Cholifah sendiri mengatakan bahwa keluarga menjadi support system utama yang akan mendukung apapun kondisinya. Misalnya seperti beberapa saat sebelum wisuda, ia mengaku sempat mengalami kecelakaan yang membuatnya harus menjalani masa pemulihan. Di tengah masa pemulihannya yang belum 100%, dengan didukung oleh keluarga, beliau tetap menyempatkan waktu untuk datang ke Wisuda 67 BINUS University.

Itulah kisah inspiratif dari Siti Cholifah, alumni BINUS University yang mengambil S3 program Doctor of Computer Science di tengah kesibukannya mengurus rumah tangga, menjadi PNS di LLDIKTI dan dosen. Tentunya, tidak ada kisah inspiratif Siti Cholifah apabila tidak ada dukungan dari orang-orang tercinta di sekitar kita.

Bagimana, apakah cerita di atas membuat Anda merasa tertantang? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mengikuti kisah hidup Siti Cholifah dengan mengambil studi lanjut di BINUS Graduate Program. Cek ketersediaan program studi yang ditawarkan berikut informasi seputar syarat pendaftaran di sini!