Perjalanan Eka Ardhianto Menjadi Alumni BINUS Graduate Program

Kuliah S3 melibatkan proses yang cukup memakan waktu dan energi. Banyak pula tantangan yang harus dihadapi agar Anda bisa mendapat gelar Doktor dengan tepat waktu, terutama soal manajemen waktu dan menjaga motivasi. Tantangan inilah yang juga dialami oleh salah satu alumni BINUS Graduate Program, Eka Ardhianto. Namun, ia berhasil menaklukkan tantangan tersebut hingga akhirnya lulus dari jurusan Doctor of Computer Science BINUS Graduate Program.

Motivasi Eka Jalani Kuliah S3

Eka merupakan salah satu staf pengajar di Universitas Stikubank Semarang. Awalnya, Eka tidak memiliki motivasi khusus untuk kuliah S3. Namun, berkembangnya zaman dan kebutuhan di dunia perguruan tinggi membuatnya termotivasi untuk menempuh studi Doctor of Computer Science BINUS Graduate Program.

Seiring berjalannya waktu, Eka semakin sadar akan pentingnya mengambil studi doktoral untuk mengembangkan ilmu sekaligus membantu proses pendewasaan pikiran, khususnya dalam bidang ilmu komputer. Pasalnya, studi Doctor of Computer Science BINUS Graduate Program mendorong Eka untuk beradaptasi dalam pengembangan ilmu komputer melalui berbagai penelitian terapan yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup.

Tak hanya itu, salah satu program unggulan BINUS Graduate Program ini juga dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memimpin riset di bidang IT. Caranya adalah dengan menerapkan pendekatan multidisiplin supaya dapat menghasilkan karya yang terverifikasi dan inovatif.

Sulitnya Menemukan dan Menjaga Motivasi

Mengingat banyaknya tantangan dan tanggung jawab selama kuliah S3, ditambah dengan durasi studi yang tidak sebentar, Eka sempat merasa kesulitan untuk mengendalikan diri sendiri dalam menjaga motivasi. Tidak dimungkiri bahwa terkadang muncul rasa malas dan jenuh dalam diri Eka di tengah menjalani masa studi S3.

Namun, alumni BINUS Graduate Program ini juga sadar bahwa ia harus kembali fokus agar bisa segera lulus. “Kita fokus dulu saja ke [studi] S3-nya, [tentukan] kita fokus mau ke mana, mau selesaiin kapan,” kata Eka.

Hal Paling Berkesan dari Berkuliah S3

Selain kendurnya motivasi, Eka juga mengaku bahwa penyusunan disertasi menjadi masa yang cukup menantang sekaligus berkesan. Selama masa penyusunan disertasi, Eka harus aktif berkomunikasi dengan tim promotor agar disertasi bisa selesai tepat waktu. Ia mendapatkan banyak nasihat untuk mengembangkan disertasi, kemudian kembali melaporkan perkembangannya kepada tim promotor.

Mengingat prosesnya yang cukup panjang, alumni BINUS Graduate Program ini pun membuat timeline agar ia bisa memonitor progress penyusunan disertasi. Cara ini juga membantunya untuk menyelesaikan disertasi dan lulus kuliah S3 dengan tepat waktu.

Tips Manajemen Waktu ala Eka Ardhianto

Dengan tugas mahasiswa doktoral yang cukup menyita perhatian, Eka paham bahwa ia harus pintar melakukan manajemen waktu. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri baginya karena Eka harus menemukan waktu untuk belajar di luar delapan jam kerja. Belum lagi, ia juga harus memenuhi tanggung jawab sebagai orang tua. 

Pada akhirnya, Eka pun mau tidak mau mengorbankan waktu luang untuk belajar walaupun sempat menerima protes dari keluarga. Untungnya, keluarga Eka memahami kesibukan Eka sebagai mahasiswa S3. Jangan sampai studi S3 justru mundur dan menjadi tanggungan.

“Tetap semangat aja, berdoa, dan minta restu orang tua kalau masih ada. Kemudian, luangkan waktu [untuk belajar dan mengerjakan disertasi], jadi jangan menunggu dulu sampai ada waktu luang. Jalani aja, pasti lulus,” ujar Eka.

Merasa kesulitan untuk menjaga motivasi selama proses studi S3 merupakan hal yang wajar dan manusiawi. Namun, jangan mendiamkan hal tersebut dan justru membuat proses kuliah terhambat. Seperti Eka Ardhianto, kita bisa belajar mengendalikan diri agar motivasi terus terjaga hingga mendapat gelar Doktor. Selain itu, ia juga menerapkan manajemen waktu antara akademik, keluarga, dan pekerjaan.

Berbekal strategi tersebut, kini Eka telah resmi menjadi alumni BINUS Graduate Program dan mendapat gelar Doctor of Computer Science pada Juli 2023 lalu. Eka membuktikan bahwa tekad dan komitmen tinggi dapat membantunya melalui berbagai tantangan selama studi S3. Anda juga bisa mewujudkan rencana kuliah S3 di bidang ilmu komputer bersama BINUS Graduate Program. Untuk informasi selengkapnya, klik di sini.