Peran dan Kontribusi Pemegang Gelar Doktor bagi Masyarakat

Pendidikan tinggi menjadi salah satu upaya penting dalam pengembangan individu dan masyarakat. Umumnya, pengejar gelar S3 atau doktoral berharap mendapatkan gelar tersebut dengan tujuan untuk mengejar karier di bidang akademis. Padahal, seorang pemegang gelar doktor tidak hanya bisa berkecimpung di dunia akademis saja.

Banyak prospek lainnya yang bisa dikejar oleh pemilik gelar tersebut sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Ada banyak kontribusi dalam berbagai bidang yang bisa diberikan. Memangnya, apa saja prospek seorang doktor?

5 Prospek Kerja Seorang Doktor 

Gelar doktoral atau S3 atau gelar tertinggi yang bisa diambil mengenai suatu bidang tertentu. Prosesnya harus dimulai dengan gelar S1, disusul S2, barulah bisa mengambil S3. Artinya, banyak waktu yang dikeluarkan untuk sampai bisa menyelesaikan jenjang pendidikan ini.

Setelah berhasil meraih gelar doktoral yang dinanti-nantikan, saatnya bagi Anda untuk menerapkan kembali apa yang sudah dipelajari. Tak harus sebagai akademisi atau pengajar, Anda bisa memilih pekerjaan yang berbeda sesuai bakat minat.

Ini beberapa contoh prospek kerja para doktor yang memungkinkan Anda mengabdi pada masyarakat, sesuai dengan tujuan utama bidang yang dipilih:

1. Bidang industri

Seorang pemegang gelar doktor memiliki kemampuan analitis yang mendalam dan pengetahuan yang luas dalam bidang studi mereka. Banyak perusahaan yang membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus dalam riset dan pengembangan produk baru, pengembangan teknologi, atau pemecahan masalah kompleks.

Hal ini menjadikan mereka sangat berharga dalam industri. Di sektor industri, para doktor dapat bekerja sebagai peneliti atau konsultan. Melalui penelitian dan analisis yang mereka lakukan, mereka juga dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing perusahaan.

2. Bidang publishing

Banyak pemegang gelar doktor yang suka menulis, sehingga peluang untuk bekerja di bidang ini juga terbuka luas. Apalagi karena tidak semua orang memiliki pengetahuan yang para lulusan S3 ini punya. Selain penulis, mereka juga bisa berperan sebagai editor maupun reviewer.

Dengan pengetahuan mendalam mereka dalam bidang studi tertentu, mereka dapat mempublikasikan karya ilmiah, artikel, dan buku. Semuanya ini berkontribusi dalam memajukan pendidikan, perkembangan pengetahuan dan pemahamannya di masyarakat. Bidang studi yang digeluti pun akan ikut merasakan manfaatnya, terutama bagi para calon doktor berikutnya.

3. Bidang pemerintahan

Pemerintah juga membutuhkan pengetahuan dan keahlian para doktor. Sebagai researcher atau konsultan di lembaga-lembaga pemerintahan, mereka dapat membantu pemerintah dalam mengembangkan kebijakan publik yang lebih efektif dan berbasis bukti.

Dalam peran ini, para doktor dapat melakukan penelitian independen, menganalisis data, dan menyusun laporan yang memberikan informasi penting bagi pembuatan keputusan pemerintah. Kontribusi mereka dalam bidang ini memiliki dampak positif langsung pada perbaikan sektor publik dan kesejahteraan masyarakat.

4. Bidang not-for-profit

Doktor lulusan S3 juga dapat berperan di organisasi nirlaba yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, lingkungan, atau tujuan sosial. Dalam bidang ini, mereka dapat melakukan penelitian dan analisis untuk mendukung program-program pemberdayaan, membangun strategi, dan menyediakan solusi inovatif untuk isu-isu sosial yang kompleks.

Para doktor dapat berkontribusi pada pemecahan masalah sosial, mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, dan membantu meningkatkan kualitas hidup kelompok yang kurang beruntung.

5. Bidang entrepreneur

Sebagai pemilik gelar doktor, seseorang juga memiliki potensi untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur. Dalam kapasitas ini, mereka dapat memanfaatkan pengetahuan dan keahlian mereka sebagai landasan kuat guna membangun bisnis yang inovatif.

Produk atau layanan yang dikembangkan lewat penelitian serta analisis unggul akan bisa  memenuhi kebutuhan pasar dan memberikan solusi yang lebih baik. Dalam peran ini, mereka dapat menciptakan lapangan kerja baru, memberikan kontribusi ekonomi, dan memajukan sektor bisnis.

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang doktor tidak harus terpaku pada pekerjaan di universitas sebagai pengajar atau tugas tambahan di lembaga pendidikan. Gelar ini membuka peluang karier yang luas dan beragam di berbagai bidang, baik di sektor industri, publishing, pemerintahan, organisasi non-profit, maupun dalam berwirausaha.

Keahlian serta pengetahuan yang mereka miliki dapat diterapkan dalam masyarakat untuk membantu memecahkan masalah yang ada sekarang. Kita bisa melihat penemuan baru, inovasi, dan solusi terbaik bagi masyarakat.

Jika Anda tertarik untuk mengejar gelar doktor dan mengembangkan karier Anda dalam bidang yang relevan, daftarlah di BINUS Graduate Program. BINUS University menawarkan program doktoral dengan berbagai program studi yang dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam industri saat ini. Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.