Program DCS BINUS University Terakreditasi Baik Sekali

 

 

Setelah berdiri sejak tahun 2014, kini program studi Doctor of Computer Science (DCS) pada jenjang S3 dari BINUS University telah memperoleh akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. Untuk melengkapi pencapaian akreditasi tersebut, DCS berencana untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang ditawarkan bagi calon ahli teknologi masa depan serta pengalaman para mahasiswa selama menempuh studi. Langkah apa saja yang akan diambil?

Manfaat Akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT

Menurut Dr. Ford Lumban Gaol selaku Kepala Departemen Doctor of Computer Science BINUS University, nilai akreditasi Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memiliki sejumlah manfaat untuk calon mahasiswa dan alumni. 

Selain berguna untuk menunjang kenaikan karier di perusahaan swasta dan bidang akademis, ijazah kelulusan program DCS dapat menjadi bukti penyetaraan pengalaman yang diperlukan untuk “angkat kredit” atau mendapatkan tugas belajar bagi PNS atau ASN. Dengan demikian, mereka berhak mengikuti proses seleksi beasiswa dari IDI dan pemerintah, serta memiliki kredit maksimum yang lebih tinggi saat membuat anggaran belanja.

Mengapa akreditasi Baik Sekali sangat dibutuhkan untuk proses kenaikan pangkat? Akreditasi dari BAN-PT memiliki sejumlah syarat instrumen administratif dan pengajaran yang harus dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi. Jadi, akreditasi Baik Sekali menandakan bahwa universitas tersebut telah memenuhi standar mutu yang berlaku untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi mahasiswanya.

Komitmen Doctor of Computer Science untuk Mahasiswa dan Alumni

BINUS University berusaha memberikan pengalaman terbaik untuk mahasiswa dan alumni Doctor of Computer Science demi melengkapi akreditasi yang telah diperoleh. Pertama, ada program yang bertujuan untuk memastikan agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi secara tepat waktu. Program ini menekankan pengawasan dan bimbingan secara berkelanjutan demi mendukung proses penulisan disertasi hingga presentasi di hadapan promotor.

Kedua, program Doctor of Computer Science BINUS University juga telah memiliki susunan kurikulum dan layanan administratif yang sesuai dengan kebutuhan para mahasiswanya. Dr. Ford mengatakan bahwa komposisi mahasiswa DCS terdiri dari 55% dosen dan 45% praktisi bisnis. 

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak praktisi yang mengikuti program studi ini. Oleh sebab itu, substansi konten pembelajarannya sudah diperbarui agar selaras dengan permintaan skill dan knowledge saat ini. Pembaruan ini juga merupakan sinyal positif bahwa BINUS University siap menghadapi tantangan bisnis terbaru.

Terakhir, meskipun program studi DCS mengharapkan mahasiswanya bisa menghadiri perkuliahan di Kampus Anggrek BINUS University, program ini memberlakukan sistem hybrid untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, mahasiswa yang berlokasi di luar Jakarta Barat atau memiliki jadwal kerja yang tidak memungkinkan untuk menghadiri kelas secara langsung dapat berkuliah secara online.

Rencana DCS demi Peningkatan Kualitas Pendidikan yang Berkelanjutan

BINUS University menyadari pentingnya peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. Maka dari itu, pada tahun ini, program Doctor of Computer Science diharapkan dapat memperoleh akreditasi Unggul dari BAN-PT melalui sertifikasi akreditasi internasional, yaitu ASIM dari Jerman.

Akreditasi internasional untuk pendidikan teknologi akan lebih lengkap dengan pendidikan kelas dunia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, program studi Doctor of Computer Science melengkapi proses pembelajaran di ruang kelas dengan sesi diskusi santai secara rutin bagi para mahasiswanya. Kegiatan diskusi ini bertujuan untuk memperbincangkan perkembangan terkini dalam bidang teknologi dan memperoleh dukungan bagi proses pembuatan disertasi mereka.

BINUS University juga bekerja sama dengan berbagai profesor dari luar negeri, di antaranya Amerika Serikat, Jepang, Thailand, dan Inggris, dengan pengalaman dan sumbangsih yang sangat substansial. Kelas bersama para profesor ini diadakan secara online mengikuti zona Waktu Indonesia Barat, sehingga para mahasiswa bisa mempelajari lebih banyak hal konkret tentang ilmu yang mereka dalami dengan lebih mudah. 

Setelah bertahun-tahun menunggu dan melewati berbagai proses untuk meningkatkan nilai akreditasi di awal, program Doctor of Computer Science BINUS University akhirnya telah memperoleh nilai Baik Sekali dari BAN-PT. Hal ini semakin diperkuat dengan upaya pihak kampus untuk memberikan pengalaman terbaik bagi mahasiswa dan alumninya melalui support program dan hybrid learning pada proses penulisan disertasi. 

Ke depannya, BINUS University berharap bahwa program DCS lolos penilaian dari BAN-PT dan ASIM untuk mendapatkan akreditasi Unggul dan sertifikasi internasional pada tahun 2023.