Recognisi Program S3 BINUS University

Keunggulan Program S3 Manajemen dan Ilmu Komputer BINUS University

 BINUS University memiliki dua program S3 yang telah memperoleh akreditasi nasional, yakni Doctor of Research in Management (DRM) dan Doctor of Computer Science (DCS). Kedua program studi ini menawarkan kualitas pendidikan yang unggul untuk mencetak calon ahli bisnis, teknologi, dan peneliti andal. Tidak hanya itu, program-program ini juga menerapkan berbagai kemudahan teknologi untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa.

BINUS University mempersembahkan dua program studi untuk jenjang S3 yang telah memperoleh akreditasi dari nasional, yaitu Doctor of Research in Management dan Doctor of Computer Science. Materi apakah yang akan dipelajari oleh calon mahasiswa dari sana, dan apa saja keunikan kedua program tersebut?

Kenalan dengan Program S3 BINUS University

Program S3 pertama yang ada di BINUS University adalah Doctor of Research Management, yaitu prodi manajemen bisnis pada jenjang doktoral. Mahasiswa yang bergabung dalam program Doctor of Research Management BINUS Business School akan berkesempatan memilih percabangan ilmu berdasarkan keinginan karier mereka. Kedua peminatan yang tersedia yaitu Scholar Track (ST) dan Strategy and Growth (SG).

Pada jalur ST, mahasiswa akan lebih berkutat dengan mempelajari akar keilmuan manajemen dan mengembangkan teori baru dari sana melalui penelitian ilmiah. Sementara itu, jalur SG lebih mengutamakan berbagai best practice dari bidang manajemen yang mencakup berbagai disiplin ilmu, di antaranya keuangan, pemasaran, human capital, dan masih banyak lagi.

Kemudian, program kedua dari BINUS University adalah Doctor of Computer Science yang bertujuan mencetak ahli profesional dalam bidang teknologi. Secara umum, mahasiswa akan mempelajari kaidah riset terapan dan kaitannya dengan komputerisasi. Namun, mereka juga bisa mendalami mendalami salah satu cabang ilmu yang ditawarkan bergantung dari minat mereka, yaitu Information Systems and Technology serta Computer Science.

Keunggulan Program Doctor of Research in Management (DRM) BINUS Business School

BINUS University menyadari bahwa salah satu hambatan terbesar dari menyelesaikan studi S3 dengan tepat waktu adalah sulitnya bertemu dengan dosen dan tim promotor. Untuk mengakali masalah tersebut, program Doctor of Research in Management yang telah mendapatkan akreditasi Unggul dari BAN-PT menerapkan sistem Integrated Academic Supports System, atau Intacts.

Bagaimana cara kerja sistem tersebut? Pada tahun pertama berkuliah, mahasiswa akan diberikan academic advisor atau pembimbing akademis khusus bagi mereka. Dengan demikian, mereka bisa lekas mencari topik disertasi dan mendapatkan umpan balik yang diperlukan untuk menghemat waktu.

Selain itu, sistem Intacts memberlakukan sesi Supervisory Planery Forum atau kegiatan bimbingan terpadu wajib sebanyak tiga kali untuk mahasiswa saat menyusun proposal disertasi. Sekretariat DRM akan membuat jadwal konsultasi antara mahasiswa dan seluruh anggota tim dosen promotor, sehingga mahasiswa tidak perlu kesulitan mencari waktu yang paling ideal.

Untuk semakin mempermudah proses transisi mahasiswa ke jenjang S3 yang lebih kompleks, BINUS University juga mengadakan program matrikulasi di semester pertama. Program ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan dasar yang diperlukan mahasiswa sebelum maju ke semester berikutnya.

Lebih praktisnya lagi, mereka bisa mengakses semua informasi yang diperlukan, menyelesaikan proses administratif, dan mengecek progress mereka melalui satu aplikasi serbakomplet, yaitu Dissertation Monitoring App.

Kelebihan Program Doctor of Computer Science (DCS) BINUS University

Mahasiswa dapat menuntaskan studi di program Doctor of Computer Science BINUS University dalam enam semester saja, atau setara dengan tiga tahun. Selama tiga tahun tersebut, mereka akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan komputerisasi, mulai dari keamanan siber (cybersecurity) hingga kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Karena mahasiswa akan terekspos pada beraneka ragam bidang ilmu dalam teknologi, mereka bisa melakukan pendekatan multidisipliner pada riset. Jadi, mereka dapat memiliki lebih dari satu peran sebagai ahli teknologi. Selain itu, sistem pembelajaran Doctor of Computer Science BINUS University juga menggabungkan teori dengan ajang penelitian bersama dosen ahli, sehingga mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan secara nyata.

Tidak berbeda jauh dengan program Doctor of Research in Management, prodi Doctor of Computer Science juga telah mendapatkan akreditasi Baik Sekali dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM). Maka dari itu, kualitas pembelajaran yang akan diperoleh mahasiswa dari program ini tidak perlu diragukan lagi. **(PID)