Rayakan Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia, BINUS UNIVERSITY Gelar Appreciation Day 2022 dan Luncurkan BINUS Support

Tangerang, 17 Agustus 2022 — Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia, BINUS UNIVERSITY mempersembahkan penghargaan kepada BINUSIAN (mahasiswa dan dosen) berprestasi dengan mengadakan Appreciation Day 2022. Apresiasi kepada BINUSIAN juga diwujudkan melalui peluncuran BINUS Support pada Jumat, 17 Agustus 2022 di BINUS @Alam Sutera, sebagai dukungan layanan tunggal yang dapat menjadi solusi bagi setiap kebutuhan informasi terkini seputar BINUS UNIVERSITY.

“BINUS UNIVERSITY menghargai BINUSIAN yang terus berdedikasi memberikan karya terbaik yang selaras dalam visi BINUS dalam membina dan memberdayakan masyarakat,” ujar Prof. Harjanto Prabowo selaku Rektor BINUS UNIVERSITY dalam sambutannya.

Appreciation Day, Bentuk Penghargaan Atas Karya BINUSIAN

Appreciation Day BINUS University merupakan acara yang dibuat secara khusus bagi seluruh BINUSIAN berprestasi. Untuk kategori mahasiswa, adalah BINUS yang telah memiliki prestasi juara di berbagai ajang perlombaan baik itu akademik, maupun non-akademik dalam tingkat JaBoDeTaBek, Provinsi, Nasional dan juga Internasional.

Sedangkan kategori pengajar terbagi menjadi dua, yaitu Best Teaching Award dan Best Lecturer Award. Best Teaching Award diperuntukkan bagi para dosen yang bertanggung jawab atas kewajibannya, memiliki kinerja yang maksimal, mencerminkan kepribadian dosen yang profesional, menerapkan integritas dan sikap yang jujur, serta memiliki tata krama yang baik.

Sedangkan Best Lecturer Award adalah apresiasi yang lebih tinggi dari Best Teaching Award. Para dosen yang mendapatkan penghargaan ini artinya telah memenuhi kriteria dari kandidat Best Teaching Award. Tidak hanya itu, para dosen juga harus memiliki gelar minimal Strata 3, mempunyai karya unggulan, dan mendapatkan skor kurang lebih empat pada publikasi ilmiah.

Terakhir, adalah Facilitator Award. Ini adalah yang pertamakali diselenggarakan untuk pengajar dalam memberikan facilitating skills mereka kepada perusahaan-perusahaan selama ini. “Tidak hanya memberikan pengetahuan mereka di dalam kelas tapi juga menjadi lebih relevan di luar kelas misalnya di korporasi. Begitu juga dengan hasil riset mereka dapat berkontribusi terhadap perusahaan dan kami hargai itu,” kata Firdaus Alamsjah, Ph.D, Direktur BINUS Creates.

Melalui acara Appreciation Day ini, BINUS University memberikan apresiasi serta penghargaan atas segala usaha dan kerja keras para BINUSIAN dalam mengharumkan nama negara dan juga BINUS UNIVERSITY sekaligus sebagai wujud dari melaksanakan nilai-nilai yang ditanamkan pada para BINUSIAN.

Peluncuran BINUS Support

Secara berkesinambungan BINUS UNIVERSITY juga mengumumkan perilisan BINUS Support yang bertujuan sebagai pusat aktivitas layanan lengkap sekaligus solusi dari setiap pertanyaan stakeholder BINUS UNIVERSITY. BINUS Support merupakan salah satu bentuk transformasi digital berkelanjutan yang dilakukan oleh BINUS UNIVERSITY.

“BINUS UNIVERSITY sedang melakukan transformasi digital dengan mengembangkan budaya baru, produk baru, dan layanan baru. Untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada stakeholder. BINUS Support fokus kepada layanan dan memberikan pengalaman baru bagi stakeholder. Menjadi pusat layanan informasi dan solusi,” ungkap Johan, S.Kom, M.M., CDMS selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development BINUS UNIVERSITY.

Pengembangan BINUS Support terbagi menjadi empat aktivitas utama, yaitu:

  1. Microsite Binus Support

Untuk mendukung kinerja maksimal, salah satu aktivitas utama BINUS Support fokus sebagai pusat informasi layanan, solusi, jawaban, serta sentra info akses komunikasi bagi stakeholder BINUS Higher Education di https://support.binus.ac.id.

  1. Aktivitas Layanan Lengkap

Layanan terintegrasi dan lengkap mampu menghemat tenaga dan meningkatkan kepuasan. Oleh sebab itu, BINUS UNIVERSITY telah mengembangkan satu aktivitas lengkap layanan binus terpusat, yaitu BINUS Support sebagai operational excellence menuju digitalized services dan autonomous services, serta standarisasi behavior team dalam melakukan aktivitas layanan.

  1. Sentra Multi- Channel Komunikasi

Sentra informasi multi saluran komunikasi hadir melalui satu tempat saja untuk mempermudah stakeholder mendapatkan layanan yang prima. Tidak hanya email, chat, dan telepon, tetapi juga layanan berbasis chatbot dengan representasi maskot BINUS UNIVERSITY. Tim BINUS Support terbagi menjadi tiga, yaitu tim lapangan, tim front-office, serta tim back-office.

  1. Tim Lapangan

Tugas tim lapangan terdiri dari tiga kewajiban, yaitu turun langsung ke lapangan untuk memberikan layanan, melakukan sosialisasi pemanfaatan BINUS Support, serta menerima saran dan masukan dari stakeholder.

  1. Tim Front Office

Kewajiban utama tim front office hanyalah dua, yaitu menjalankan peran sebagai penerima pertama alur komunikasi yang masuk dari stakeholder melalui nomor tunggal BINUS Support dan pengatur trafik dari kebutuhan layanan dengan baik.

  1. Tim Back Office

Tim ini merupakan kunci dari layanan maksimal BINUS Support dan harus menjalankan banyak kewajiban, yaitu fokus kepada layanan yang membutuhkan penanganan lebih sehingga proses bisa terakomodasi dengan baik.

Selain itu, tim back-office juga perlu mengoordinasi para pihak yang bertanggung jawab atas layanan yang membutuhkan penanganan khusus, mengembangkan dan memperbaiki konten secara terus-menerus, serta merekam atau mencatat proses perbaikan yang dilakukan sebagai bagian dari dokumentasi.

  1. Budaya Layanan Baru

Layanan BINUS Support ini telah mengubah budaya dasar dalam pelayanannya, yaitu sebagai berikut:

  • Budaya baru dalam layanan akan diawali dengan sosialisasi Microsite Katalog Layanan – BINUS Support sebagai sumber informasi terpadu dan terpercaya.
  • Budaya pencarian informasi secara mandiri di microsite BINUS Support akan menjadi langkah sosialisasi berikutnya, dan menciptakan budaya aktif memberikan masukan serta saran untuk terus memperkaya dan menyempurnakan aktivitas dan info yang terdapat di BINUS Support.
  • Membangun budaya bahwa seluruh Binusian adalah support system yang secara aktif dapat saling memberikan layanan yang telah terstandarisasi di BINUS Support.

Membawa semangat kemerdekaan Indonesia, BINUS UNIVERSITY mengajak seluruh BINUSIAN untuk bersama-sama merayakan momen spesial tersebut dengan acara yang tidak kalah istimewa. Untuk informasi lebih lanjut tentang BINUS UNIVERSITY, kunjungi website www.binus.ac.id

***

Tentang BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY merupakan perguruan tinggi berakreditasi Unggul dari BAN-PT dan mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkatan internasional seperti Quacquarelly Symmonds, Times Higher Education, dan AppliedHE. Dengan pengalaman lebih dari 41 tahun membina dan memberdayakan masyarakat melalui pendidikan, BINUS UNIVERSITY ditargetkan akan menjadi a world-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation pada tahun 2035.

BINUS UNIVERSITY saat ini memiliki 12 kampus yang tersebar di beberapa kota di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, dan Malang. Selain itu BINUS juga memiliki online campus yang menyediakan layanan pendidikan jarak jauh.

BINUS UNIVERSITY berkomitmen 2 dari 3 lulusan bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung di dunia industri melalui program (2+1)+1 yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman kerja di dunia nyata selama 1 tahun atau di luar kampus dengan memilih salah satu dari tujuh program yang ada : internship, community development, research, start-up business, atau study abroad (kuliah di luar negeri), further study, dan Specific Independent Study.