DOCTOR OF COMPUTER SCIENCE, PROGRAM DOKTORAL DARI BINUS GRADUATE PROGRAM

Sebagai program doktoral pertama yang ditawarkan BINUS GRADUATE PROGRAM, Doctor of Computer Science menjadi pilihan studi lanjutan yang berkualitas.

Berfokus pada pengembangan dan penelitian topik-topik terkini dalam ranah Ilmu Komputer, program Doctor of Computer Science dari BINUS GRADUATE PROGRAM (BGP) menjadi salah satu solusi terbaik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di dalam negeri. Jalur studi S3 ini juga menjadi program doktoral yang pertama diluncurkan BGP dengan kualitas pendidikan yang tak perlu diragukan lagi.

Sekilas tentang Doctor of Computer Science

Doctor of Computer Science atau DCS merupakan program S3 dari BINUS GRADUATE PROGRAM yang didesain khusus sebagai sarana pengembangan Ilmu Komputer dalam jenjang pendidikan tinggi. Program ini bertujuan untuk menciptakan lulusan yang mampu berperan secara nasional maupun internasional dalam menjalankan proses komputerisasi di lintas ilmu serumpun, termasuk Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.

Guna mencapai tujuan tersebut, DCS menghadirkan fasilitas dan kualitas pendidikan tinggi berkelas dunia dengan dipandu oleh tenaga pengajar profesional yang ahli di bidangnya. Sederet proses yang diberikan selama masa perkuliahan juga turut berperan dalam mencetak lulusan berkompeten yang mampu mengembangkan peran profesional di tengah masyarakat global.

Menjadi program doktoral pertama di BINUS GRADUATE PROGRAM membuat jalur studi ini banyak diminati, terutama oleh praktisi maupun akademisi yang sudah menyelesaikan program magisternya di bidang ilmu yang sama.

Tujuan Program dan Kompetensi Lulusan

Program doktoral Ilmu Komputer BGP dirancang sedemikian rupa untuk dapat meningkatkan produktivitas lulusan yang tak kalah saing di dunia internasional. Lulusannya juga dipersiapkan dengan berbagai aktivitas riset, perkuliahan, serta pembelajaran terarah yang membuat mereka bisa bertanggung jawab penuh sebagai tenaga ahli tertinggi di bidang Ilmu Komputer.

Dengan tujuan tersebut, tak heran jika lulusan Computer Science BGP dapat berperan di masyarakat dengan bekal kompetensi tinggi di bidangnya. Apa pun peran yang dijalankannya, lulusan program ini terbukti mampu menerapkan prinsip-prinsip Ilmu Komputer bersama pendekatan multidisipliner. Lulusannya juga bisa berkontribusi nyata dalam pengembangan komputerisasi global melalui berbagai riset terapan.

Proses Perkuliahan 

Program Computer Science di BINUS GRADUATE PROGRAM dapat diselesaikan dalam masa perkuliahan enam semester, termasuk penyusunan disertasi sebagai syarat utama kelulusan.

Dalam tiga tahun pembelajaran, mahasiswa program ini akan dihadapkan dengan sejumlah perkuliahan umum serta berbagai proyek penelitian yang dilakukan secara kolaboratif bersama profesor maupun mahasiswa lainnya. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman mahasiswa tentang teori, studi, sekaligus penerapan nyata dari pengembangan lanjutan Ilmu Komputer yang tengah dipelajari.

Proses perkuliahan dihadirkan secara bertahap, mulai dari penanaman fondasi keilmuan di tahun pertama, penerapan ilmu di tahun kedua, hingga pengembangan riset dan kemajuan profesional di tahun ketiga.

Selain berpusat pada topik-topik umum Ilmu Komputer seperti bahasa pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan keamanan siber, proses perkuliahan lanjutan di program ini juga mengangkat ranah keilmuan baru yang bisa dikembangkan dalam dunia digital di masa depan. Beberapa bidang riset yang dihadirkan meliputi Computer GraphicsHuman-Centered TechnologiesScientific Computing, serta Artificial Intelligence.

Prospek Karier di Masa Depan

Selain meningkatkan potensi diri, melanjutkan pendidikan ke jenjang studi S3 juga menjadi salah satu usaha untuk mengembangkan karier. Hal ini berlaku untuk seluruh ranah keilmuan, termasuk di bidang Ilmu Komputer.

Dalam hal prospek karier, lulusan program DCS dapat mengambil satu maupun beberapa peran profesional sekaligus. Kompetensi keilmuan yang dimiliki akan membuat mereka lebih mudah untuk berperan sebagai dosen maupun peneliti profesional.

Tak cukup sampai di situ, bidang keilmuan yang berhubungan dengan Informasi Teknologi membuka peluang yang tinggi untuk menjadi konsultan ICT atau pemimpin perusahaan yang bergerak di ranah komputerisasi global. Peran-peran tersebut dapat memberikan kontribusi nyata sebagai agen perubahan yang berinovasi dan meningkatkan industri komputer di tatanan masyarakat luas.

Demikian ulasan mengenai jalur studi S3 Computer Science yang ditawarkan BINUS GRADUATE PROGRAM untuk akademisi berprestasi di Indonesia. Kurikulum berstandar internasional serta sederet keunggulan lain yang tersedia dalam program doktoral ini patut dijadikan alasan utama untuk turut menjadi bagian penting di dalamnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri untuk bisa berperan lebih jauh dalam pengembangan Ilmu Komputer di tanah air. BINUS GRADUATE PROGRAM adalah solusi pendidikan tinggi yang siap mencetak lulusan berkualitas dengan kompetensi berkelas internasional.