Menyongsong Pendidikan Digital: Inaugurasi Online Mahasiswa Program Doktor BINUS University

Era revolusi industri 4.0 semakin terasa, terutama di tengah situasi terkini. Kegiatan dan kebiasaan yang sebelumnya tidak bergantung sepenuhnya pada kecanggihan teknologi, kini secara cepat mengadopsi teknologi digital. Begitu pula dalam sektor pendidikan di Indonesia, di mana proses belajar mengajar dilakukan secara online. Meski begitu, ini bukan jadi distraksi maupun hambatan dalam membentuk lulusan profesional yang penuh kompetensi dan talenta.

BINUS University kembali menyambut dan melantik 14 mahasiswa baru dari bidang Doctor of Research in Management (DRM) dalam lingkup BINUS BUSINESS SCHOOL dan 13 mahasiswa baru dari bidang Doctor of Computer Science (DCS) dalam lingkup BINUS GRADUATE PROGRAM. Acara inaugurasi yang umumnya diselenggarakan secara offline di R.800 Gedung Kampus Anggrek BINUS University, kini diselenggarakan melalui video conference Zoom pada hari Sabtu (26/9) pukul 09.00 WIB.

Tidak hanya dalam rangka menyambut dan melantik para mahasiswa baru saja, namun acara inaugurasi online ini juga menjadi momen perkenalan serta awal bimbingan agar para mahasiswa mampu sepenuhnya mengoptimalkan segala fasilitas, baik dalam segi materi kuliah maupun pembelajaran, demi lulus tepat waktu.

Acara inaugurasi online ini dipandu oleh Dr. Sri Bramantoro selaku Deputy Head of DRM Program BINUS BUSINESS SCHOOL. Acara dibuka dengan doa, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan mahasiswa baru serta arahan dari Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo M.M. selaku Rektor BINUS University. Dalam sesi ini, beliau memberi sambutan hangat kepada para calon doktor serta ucapan terima kasih kepada pengelola program DRM dan DCS yang sudah menyusun rangkaian acara inaugurasi online ini.

“Saya percaya bahwa semangat kita semua untuk mengambil doktor sangat kuat, bisa dipertahankan dan ditingkatkan untuk bisa menyelesaikan program doktor di BINUS,” ujar Pak Harjanto Prabowo setelah mengucapkan selamat datang kepada para hadirin. Pak Harjanto Prabowo juga mengingatkan bahwa Program Doktor BINUS University dibentuk atas 2 asas utama. Pertama, demi kontribusi atas nama BINUS dalam pengembangan ilmu. Kedua, kontribusi nyata kepada segenap masyarakat Indonesia.

Pak Harjanto Prabowo mengungkapkan imbauannya kepada para mahasiswa baru untuk memusatkan disertasi penelitian mereka kepada dua masalah yang spesifik, yakni revolusi industri 4.0 dan pandemi COVID-19. Diharapkan bahwa para mahasiswa mampu mengeksplorasi fasilitas-fasilitas BINUS University agar bisa menghadirkan solusi-solusi inovatif dalam hasil disertasi.

Selanjutnya, acara inaugurasi diteruskan dengan kalimat sambutan dari Dezie L. Warganegara, Ph.D selaku Direktur BINUS BUSINESS SCHOOL. Dalam sambutannya, Pak Dezie juga melaporkan beberapa informasi mengenai mahasiswa baru program DRM semester ganjil 2020/2021. Beliau memaparkan 14 mahasiswa baru DRM ini mayoritas menjabat sebagai eksekutif di perusahaan swasta. Beliau pun mengungkapkan prestasi gemilang yang diraih oleh BINUS BUSINESS

SCHOOL, yakni akreditasi Unggul dari BAN-PT serta akreditasi internasional AACSB (The Associate to Advance Collegiate School of Business) yang menjadi bukti bahwa kualitas pembelajaran di BINUS BUSINESS SCHOOL, termasuk dalam program DRM, sudah diakui secara nasional dan internasional.

Setelah itu, Dr. Ford Lumban Gaol, S.Si., M.Kom. selaku Deputy Head Doctor of Computer Science di BINUS Graduate Program juga memberikan sambutan kepada para mahasiswa baru dan hadirin. Beliau memaparkan bahwa ada 3 mahasiswa baru yang mengambil peminatan Computer Science, sementara 10 lainnya mengambil peminatan Information System. Mayoritas dari mahasiswa baru ini berasal dari sektor industri. Pak Ford pun tidak lupa mengimbau para mahasiswa untuk aktif berpartisipasi dalam rangkaian acara yang sudah disiapkan oleh program DCS, mulai dari Monday Talk, Industrial Talk, Sensitive Talk, Info Session, hingga yang terbaru Mandiri Disertasi untuk membantu para mahasiswa dalam mempersiapkan disertasi yang kohesif dan padat karya.

Acara inaugurasi online Program S3 BINUS University ini juga mengundang Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, M.M selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Beliau memberikan kuliah umum yang membawakan topik “Pendidikan dan Penelitian SDM Digital.”

Setelah sesi kuliah umum dari Pak Basuki, para mahasiswa baru pun menerima 4 macam sosialisasi, yakni sosialisasi LKC, IT, Publikasi dan Jurnal, dan Operation. Menutup acara inaugurasi online, mahasiswa baru di program DRM menerima penjelasan program studi singkat dari Dr. Sri Bramantoro serta sharing dari alumni Dr. Leonardus W. Wasono Minardjo, ST., M.Eng., CMA. Para mahasiswa baru di program DCS juga mendapat penjelasan program studi terpisah dari Dr. Ford Lumban Gaol serta sharing dari alumni Dr. Sarwo.