Penobatan Yanti Sebagai Doktor Ke-11 Dari Binus Doctor Of Computer Science

Perguruan tinggi adalah penyelenggara pendidikan yang membutuhkan IT atau Information Technology dalam meningkatkan nilai organisasi, karena perguruan tinggi merupakan organisasi pendidikan yang harus memiliki standar yang terevaluasi oleh akreditasi perguruan tinggi. IT memiliki peranan penting dalam pendidikan karena di era modern seperti sekarang, teknologi dibutuhkan oleh manusia sebagai kebutuhan dasar. Namun, penggunaan IT belum pada tahap pemanfaatan sebagai strategi, sehingga harus dikembangkan. Dengan adanya enterprise architecture, dapat menjadi salah satu cara perguruan tinggi untuk menyepadankan strategi IT dengan strategi organisasi.

Yanti mengambil latar belakang ini sebagai bahan dari disertasinya yang berjudul Kerangka Enterprise Architecture Pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia untuk promosi Doktor-nya di BINUS GRADUATE PROGRAM – Doctor of Computer Science. Pada 9 Maret 2020 lalu, Doktor Yanti resmi dinobatkan sebagai Doktor ke-11 dari BINUS GRADUATE PROGRAM Doctor of Computer Science. Disertasi yang diambilnya, bertujuan untuk menghasilkan kerangka enterprise architecture yang baru dan sesuai dengan kelola perguruan tinggi swasta sehingga kerangka tersebut dapat diterapkan oleh perguruan tinggi swasta di masa depan terutama untuk mengembangkan IT sebagai salah satu cara menciptakan value di masa depan.

Pada sidang terbuka yang digelar pada hari Senin lalu tersebut, Doktor Yanti dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan memperoleh nilai A untuk gelar doktor-nya. Sidang promosi ini digelar bersama tim promotor yang terdiri dari Prof. Dr. Harjanto Prabowo, MM, Dr. Drs. Suroto Adi, M.Sc, dan Dr. Ford Lumban Gaol. Serta tim penguji yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Edi Abdurachmen, MS., M.Sc., bersama Spits Warnars Harco Leslie Hendric, S.Kom., M.T.I., Ph.D, Dr. Meyliana, S.Kom., MM, dan Prof. Yudho Giri Sucahyo, M.Kom., Ph.D.

Hasil dari penelitian ini adalah kerangka enterprise architecture yang melihat dari high level view, dan berfokus pada universitas. Dari penelitian ini, doktor Yanti mengharapkan kerangka enterprise architecture yang tidak hanya melihat dari high level view, serta Doktor Yanti ingin memperluas fokus penelitian, tidak hanya untuk universitas, namun juga untuk jenis perguruan tinggi lainnya, serta tidak hanya berfokus pada sistem penjaminan mutu  perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A namun juga dapat diperluas pada peringkat perguruan tinggi yang lain.

Saat ini doktor Yanti merupakan Faculty Member Structural di School of Information Systems BINUS UNIVERSITY.. Selain itu, sejak tahun 2008, doktor Yanti aktif di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia sebagai Assessor Akreditasi Program Studi Komputerisasi Akuntansi Jenjang Diploma 3.