SCIENTIFIC TALK: ALUR PASAR PRODUK IT DI DUNIA MEDIS

Dalam rangka memberikan wawasan serta pencerahan tambahan kepada mahasiswa Doctor of Computer Science. BINUS Graduate Program kembali menyelenggarakan Scientific Talk, Rabu (14/12) di Ruang 828 Kampus BINUS Anggrek.

Acara ini merupakan agenda kegiatan periodik yang mengundang para pembicara dari dalam negeri maupun luar negeri. Pembicara yang diundang kali ini ialah DR. dr. H. Boy Subirosa Sabarguna, MARS. Beliau adalah Dosen IKK-FKUI dan Ketua Klaster Informatika Medis di Program Studi Teknologi Biomedis, Universitas Indonesia. Untuk membahas tema mengenai medical informatics, topik yang diangkat adalah Proses Alur Pasar Produk IT di Dunia Medis.

Menurut Dr. Ford Lumban Gaol, SM IEEE saat ditanya mengatakan, “Model (alur pasar) ini sebenernya banyak menjadi pertanyaan di orang IT. Kita sering mengeluarkan produk teknologi dan segala macam. Namun pertanyaanya, kalo kita masuk ke ranah pasar medis, bagaimana sampai bisa diterima dan digunakan oleh rumah sakit atau pun dokter?”.

Kemudian untuk menjawab pertanyaan tersebut diundanglah beliau sebagai pembicara untuk menyampaikan materi yang menjadi masalah tersebut.

Menurut Ford saat di wawancarai di tempat yang sama mengatakan, “Alur pasar produk IT di dunia medis ini berbeda dengan start up. Saat mendengar start up, mungkin boleh dibilang ‘trial and error’ sedangkan di medis tidak seperti itu.”

Pada kesempatannya Boy menjelaskan bahwa, “Proses alur pasar produk IT di dunia medis, dimulai dari penelitian, membuat prototipe, uji klinis, uji pasar, masuk ke produk industri, mendapatkan penilaian dari teknologi kesehatan, kemudian menjadi produk SNI, menjadi produk masal hingga bisa dipasarkan dan dikembangkan.”

Dari sini kita dapat melihat bahwa alur pasar di bidang medis jauh lebih kompleks dibandingkan bisnis dan menurut Ford, “Ini merupakan pengetahuan bagi mahasiswa DCS yang domain research-nya diarah medical informatics”.

Harapan dari adanya kegiatan sharing ini adalah agar mahasiswa DCS bisa melakukan penelitian bersama. Dimana mahasiswa DCS dapat bergabung dengan untuk FK UI yang banyak melakukan penelitian yang di bidang medis. Sehingga dapat saling berkolaborasi dengan mahasiswa FK UI dalam menghasilkan produk IT yang bisa masuk ke level aplikasi yang bisa diterapkan.

(GAN)