Scientific Lecturing – Bapak I Gede Putra Kusuma Negara, B.Eng., Ph.D.

Jakarta, 15 Juni 2016

 

Bertempat di Kampus Anggrek, kegiatan “Scientific Lecturing” kembali diadakan ProDi Doctor of Computer Science (DCS) dengan mengundang Bapak I Gede Putra Kusuma Negara, B.Eng., Ph.D. Beliau adalah Research Coordinator jurusan Magister Tekhnologi Informasi (MTI) Binus.

Dalam “Scientific Lecturing” kali ini, beliau membicarakan tentang penelitiannya yaitu object recognition, detection dan tracking. Bapak yang selalu disapa dengan panggilan “Pak Gede” ini akan menyajikan dua Penelitian yang diterbitkan : Appearance-Based Object Recognition Using Weighted Longest Increasing Subsequence dan Hybrid Feature and Template Based Tracking for Augmented Reality Application“. Penelitian pertama adalah tentang pengenalan obyek menggunakan snap untuk kemunculannya. Kebaharuan fitur ini adalah bobot dan metode verifikasi geometris berdasarkan terpanjang dalam meningkatkan subsequence yang diusulkan untuk meningkatkan akurasi pengenalan obyek. Sementara itu, Penelitian kedua adalah tentang objek deteksi dan pelacakan untuk aplikasi augmented reality. Dalam Penelitian ini, Pak Gede mengusulkan metode pelacakan hybrid yang menggabungkan kekuatan fitur dan template yang berbasis pendekatan. pelacakan hybrid yang diusulkan adalah tahan terhadap besarnya perpindahan antar-frame dan variasi gambar, akurat dalam memperkirakan kamera saat berpose, dan juga lebih cepat pelacakannya sendiri dari biasanya. Pada akhir pembicaraan, Pak Gede juga membahas secara singkat arah penelitian beliau saat ini.

Acara itu dihadiri oleh mahasiswa DCS angkatan 2 serta dosen strukturalnya, terlihat Bapak Dr. Ford Lumban Gaol, S.Si., M.Kom. (Deputy Head of Doctor of Computer Science), Bapak Spits Warnars Harco Leslie Hendric, S.Kom., M.T.I., Ph.D. (Head of Concentration Doctor of Computer Science) dan Bapak Agung Trisetyarso, S.Si., M.Si., Ph.D. (Head of Concentration Doctor of Computer Science) hadir dalam acara ini.

Terima kasih banyak kami ucapkan kepada Bapak I Gede Putra Kusuma Negara, B.Eng., Ph.D. dalam memberikan talknya kepada kami.

Foto-foto kegiatan ini dapat dilihat pada tautan berikut :https://flic.kr/s/aHskE1et4B