Buku, Sahabat Kita Semua

Oleh : Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM – Rektor BINUS UNIVERSITY

Buku merupakan jantung hidup kehidupan manusia, buku adalah teman, sahabat dan fakta yang tak pernah berdusta. Ia selalu memberikan informasi, inspirasi dan fakta yang selalu dapat membantu kita menemukan bebagai keperluan yang kita butuhkan. Dengan buku kita bisa mempelajari banyak hal yang tidak kita ketahui sebelumnya. Itulah buku merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Namun demikian, buku juga sering kali dianggap sesuatu yang kurang bermakna dan kurang mendapatkan tempat dalam kehidupan manusia, buku hanya dipandang sebagai pelengkap dari sekian peralatan hidup lainnya.

Dalam memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei, marilah kita sadari betapa pentingnya untuk membaca buku. Karena dengan membaca buku mampu menggerakan intuisi, inspirasi dan kreativitas manusia untuk menembus dunia. Saya yakin saat ini masyarakat Indonesia tahu betul betapa pentingnya membaca buku. Dengan membaca kita berarti membuka tirai dunia, bahkan sama seperti menggenggam dunia di tangan kita.

Para generasi muda penerus bangsa, kini saatnya Anda percaya pada kekuatan buku. Buku mampu menjadi media silaturahim, media informasi dan jejaringan sosial yang kemudian mampu melahirkan suatu komitmen untuk melakukan suatu perubahan.

Selamat Hari Buku, semoga kita senantiasa menjadikan buku sebagai sahabat kita tanpa terbatas usia. Terima kasih.